Minggu, 07 Februari 2016

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Pasta

Mendengar kata pasta, tentu pikiran kita akan langsung menuju ke negara yang penuh dengan sejarah, romantisme, dan perjuangan. Ya, Italia namanya. Selain terkenal dengan sepakbola, Italia juga mempunyai jagoan lain, yaitu makanannya. Salah satu jenis makanan yang paling digemari adalah pasta. Tidak hanya menjadi makanan kegemaran di Italia, pasta juga mempunyai banyak fans di seluruh penjuru dunia. Bahkan, pasta pernah menjadi inspirasi sebuah drama Korea yang berjudul sama, mengenai seluk beluk restoran Italia dan pasta tentunya. 

Pengertian Pasta


Apa itu pasta? Sejatinya, pasta bukanlah sebuah masakan. Pasta adalah salah satu bahan utama dalam masakan Italia. Cara membuat pasta adalah dengan membuat adonan dengan mencampur tepung gandum, air, dan telur. Setelah itu, adonan diremas, baik menggunakan mesin, atau tangan manusia sampai mendapatkan tingkat kekenyalan yang baik. Setelah itu, adonan dibentuk sesuai keinginan, mulai dari panjang seperti mie, hingga berbentuk alfabet. Menurut wikipedia.org ada sekitar 310 bentuk aneka pasta dan 1300 nama yang telah terdokumentasi. Sungguh, menakjubkan.

Macam Macam Pasta

Kita mengenal aneka pasta, seperti lasagna, spaghetti, macaroni, dll. Secara umum pasta dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :

    1. Pasta Segar

 

Sesuai dengan namanya, pasta jenis ini dibuat dengan bahan-bahan yang segar dan untuk pesanan yang sifatnya langsung atau tidak terlalu lama. Biasanya, tepung yang digunakan adalah all purpose flour atau tepung rendah gluten “00”. Kelebihan pasta segar adalah kekenyalan dan bentuk dari pasta dapat dimodifikasi oleh koki, namun tidak terlalu praktis.

    2. Pasta Kering

Pasta kering biasanya dibuat oleh perusahaan besar dengan mesin berkapasitas tinggi . Tujuan utama dari pasta ini adalah masa kadaluarsa yang lama sehingga produk tersebut dapat dikirim ke tujuan yang dianggap jauh. Berbeda dengan pasta segar, setelah membentuk pasta, pasta dikeringkan dengan suhu rendah, sehingga kelembaban pasta berkurang. Hasil akhirnya pasta akan menciut, dan akan kembali membesar jika direbus. Kelebihan dari pasta kering adalah praktis dan nilai ekonomisnya tinggi. Contohnya adalah spaghetti LaFonte atau pasta kemasan lainnya.

Masakan Italia Berbahan Dasar Pasta

Banyak sekali masakan Italia yang berbahan dasar pasta, namun secara umum masakan tersebut dibagi menjadi tiga:

1.                   1. pasta asciutta

Masakan jenis ini adalah semua masakan berbahan dasar pasta yang disajikan dengan tambahan saus atau condiment lainnya, contoh yang terkenal adalah spaghetti bolognesse.

2.                  2. pasta in brodo
 

 pasta in brodo adalah  pasta yang disajikan dalam bentuk sup.

3.                   3. pasta al forno

Kategori ketiga ini adalah masakan pasta yang digunakan dalam bentuk panggangan, contoh yang paling terkenal adalah lasagna.

Mengingat bahan  baku yang mudah didapat serta dapat digunakan dalam berbagai macam masakan, tidaklah mengherankan bahwa pasta mendapatkan tempat di hati masyarakat dunia.



Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Pasta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Prima Pasta

0 komentar:

Posting Komentar